Segera Lakukan Penanganan Jika Ibu Mengalami Nyeri Perut Saat Hamil Ini!

      Comments Off on Segera Lakukan Penanganan Jika Ibu Mengalami Nyeri Perut Saat Hamil Ini!

Nyeri Perut Saat HamilNyeri perut saat hamil sebenarnya biasa dialami oleh ibu. Cuma ada yang kadarnya ringan, ada juga yang berbahaya sehingga dibutuhkan penanganan segera. Lalu, bagaimana cara mengenalinya?

Kontraksi di dalam bagian perut memanglah wajar. Pergerakan bayi, pelebaran rahim serta peningkatan otot-otot rahim menjadi salah satu penyebabnya. Hal ini menyebabkan nyeri atau kram. Ini menjadi kondisi yang sangat normal selama masa kehamilan.

Meskipun begitu, ada juga rasa nyeri yang timbul dari sebab berbeda. Mungkin ini yang belum banyak disadari. Akibatnya, rasa nyeri ini menjadi masalah serius bagi ibu.

Dikatakan sebagai masalah serius lantaran nyeri tadi mengancam kesehatan ibu dan bayi. Ibu harus menyadari apakah sedang mengalami kondisi normal atau bahaya. Gunanya untuk memastikan kesehatan bayi dan ibu sendiri. Untuk memastikan normal tidaknya, mari simak ulasannya masing-masing di bawah ini!

Nyeri Perut Berbahaya

Terkadang ibu akan merasakan rasa sakit yang berlebihan semasa mengandung. Rasa nyeri perut saat kehamilan seperti ini bisa mengundang ancaman serius bagi kesehatan. Oleh karenanya, diperlukan penanganan lebih lanjut untuk meminimalkan hal-hal yang tidak diinginkan. Diantara rasa nyeri yang harus diwaspadai ibu hamil sebagai berikut.

  • Pembuahan di luar rahim

Telah banyak kasus dimana pembuahan terjadi di luar rahim. Bahasa medisnya disebut dengan kehamilan ektopik. Artinya, sel telur yang dibuahi tertanam di bagian luar rahim. Biasanya tertanam di saluran tuba fallopi.

Gejalanya adalah adanya rasa nyeri bagian perut maupun pinggul. Biasanya kondisi seperti diikuti dengan keluarnya pendarahan berwarna coklat atau merah dari daerah kewanitaan. Selain itu, tanda syok seperti pusing, bahkan keringat dingin.

Bila mengalami kondisi seperti ini, alangkah baiknya ibu datang ke dokter. Karena bila tidak, masalahnya menjadi lebih serius. Yaitu, mengancam nyawa ibu.

  • Kelainan dalam pembuluh darah

Timbulnya nyeri perut pada masa kehamilan juga bisa berasal dari kelainan pembuluh darah. Kelainan seperti ini bisa mempengaruhi organ dalam seperti hati, ginjal, bahkan otak.

Kondisi seperti ini bisa dikenali dengan munculnya pembengkakan pada area wajah ibu. Kemudian, tanda lainnya adalah pembengkakan pada mata, penglihatan menjadi kabur, serta sakit kepala yang berat.

Kondisi seperti ini disebut dengan gangguan preeclampsia. Kondisi ini berbahaya, biasanya dapat dikenali ketika munculnya tekanan darah lebih tinggi di usia kandungan 20 minggu.

  • Infeksi pada kandungan kemih

Nyeri kehamilan lain yang harus ibu waspadai adalah bila ibu mengalami demam tinggi. Selain itu, ibu sering gemetaran, berkeringat, nanah dalam urin, serta sakit pada bagian punggung bawah.

Keadaan ini biasanya ditimbulkan oleh adanya infeksi pada kandungan kemih. Jika tidak segera ditangani, masalahnya akan menyebar. Contohnya adalah bermasalahnya organ ginjal. Biasanya bayi akan lahir secara premature.

Nyeri Perut Ringan

Selain nyeri berbahaya di atas, ibu juga bisa merasakan rasa sakit pada bagian perut lainnya. Cuma, keadaan ini dianggap normal.

Diantara rasa nyeri normal bawaan ibu hamil adalah adanya gas dalam perut. Biasanya menyebabkan perut kembung. Cara penanganannya adalah dengan menggerakkan tubuh supaya kembung bisa diatasi.

Kemudian nyeri lainnya bisa dirasakan sehabis berhubungan suami istri. Cara penanganannya adalah dengan memijat bagian punggung. Pijatlah secara lembut.

Selain itu ada juga kram yang disebabkan oleh kondisi alami ibu hamil. Contohnya adalah proses alamiah dengan melebarnya rahim akibat membesarnya janin, otot mulai berkontraksi, ligamen merenggang. Ini semua kondisi normal, ibu tidak usah khawatir.

Kesimpulannya, rasa nyeri ini memang normal terjadi di kalangan ibu hamil. Tetapi, ibu perlu membedakan mana yang nyeri normal dan yang berbahaya. Tujuannya adalah untuk menjaga kesehatan ibu. Jadi, perhatikan betul-betul nyeri perut saat hamil di atas.