Klarifikasi Isu PHK, PT Jasa Marga Tawarkan Penjaga Gerbang Tol Lanjut Karier di Anak Usaha

      Comments Off on Klarifikasi Isu PHK, PT Jasa Marga Tawarkan Penjaga Gerbang Tol Lanjut Karier di Anak Usaha

Jasa Marga Tawarkan Penjaga Gerbang Tol Lanjut KarierPT Jasa Marga, baru-baru ini mengatakan bahwa mereka telah menyiapkan program alih profesi atau A-life bagi karyawan PT Jasa Marga yang sudah tidak bertugas di gerbang tol. Kebijakan ini diambil sebagai solusi dari adanya kekhawatiran masyarakat akan terjadinya PHK massal dari PT Jasa Marga karena kebijakan pergantian pembayaran tol dari pembayaran tunai ke pembayaran elektronik.

Sebagaimana diberitakan bahwa pemerintah, dalam hal ini Presiden Jokowi mengatakan bahwa pihaknya berencana untuk mengganti pembayaran tol tunai dengan pembayaran elektronik. Pembayaran elektronik dianggap sebagai salah satu cara yang tepat dan efisien untuk memangkas waktu pembayaran tol yang terlalu lama dan berpotensi untuk mengakibatkan kemacetan. Dengan pembayaran elektronik, pembayaran tol akan lebih cepat dan kemacetan dapat dicegah dengan lebih baik.

Mengenai kebijakan yang diambil untuk para petugas gerbang tol yang terkena dampak secara langsung, Kushartanto Koeswiranto mengatakan bahwa pihaknya telah menyiapkan antisipasi dan rencana konkret yang tepat untuk para karyawan yang terkena dampak tersebut.

Program yang bakal dilakukan untuk antisipasi kemungkinan terburuk dari hilangnya SDM untuk penjagaan gerbang tol tersebut adalah program A-life. “Program A-life adalah program yang dijalankan dengan tujuan untuk mengalihkan pekerjaan atau perubahan jalur karir ke bidang yang berbeda dari sebelumnya. Kebijakan ini diambil sebagai salah satu cara untuk memberikan kesempatan berkarier bagi karyawan dan mengembangkan minat serta pengamalan yang baru sesuai dengan kemampuan yang ia miliki”, jelasnya.

Masih terkait dengan program A-life tersebut, pihak Jasa Marga juga menyiapkan alternative dua program yang bisa dipilih oleh karyawan mereka, mulai dari pindah karier ke anak perusahaan Jasa Marga atau membuat usaha sendiri yang akan diberikan fasilitas oleh perusahaan.

“Kami akan menawarkan sekurang-nya dua pilihan alih profesi, yakni bekerja masih di dalam lingkup Jasa Marga Group atau alif profesi menjadi seorang wirausaha. Mereka karyawan yang terkena dampak, bebas memilih tanpa adanya paksaan dari pihak manapun.

Dalam hal ii, untuk alih profesi dengan bertahan di Jasa Marga Group, perusahaan menyiapkan alternative yakni karyawan tetap berada di cabang lingkungan Jasa Marga atau nanti berpindah ke anak perusahaan Jasa Marga. Hal ini sejalan dengan komitmen Jasa Marga untuk memperlebar saya bisnis dengan membuka dan mengembangkan anak perusahaan, seperti Jasa Marga Toll Operation, Jasa Marga Maintenance Service, Jasa Marga Properties, dan Jasa Marga Rest Area.

Adapun kini sudah tersedia hampir 900 posisi baru di Jasa Marga Group, terutama pada bagian rest area yang bisa menjadi tujuan bagi karyawan terdampak yang ingin melakukan alih profesi.

Sedangkan untuk bagian wirausaha, PT Jasa Marga telah menyiapkan beberapa pelatihan wirausaha yang bisa diikuti oleh para karyawan sesuai dengan minat mereka.