5 Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Bulu Anak Kucing yang Sering Rontok Sehingga Anda Dapat Merawatnnya Dengan Maksimal

      Comments Off on 5 Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Bulu Anak Kucing yang Sering Rontok Sehingga Anda Dapat Merawatnnya Dengan Maksimal

Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Bulu Anak Kucing

Memiliki anak kucing yang terlihat sehat dan berbulu lebat adalah dambaan para pecinta binatang imut ini. Namun apa jadinya bila bulu kucing yang Anda pelihara seringkali rontok? Hal ini akan mengurangi daya tarik penampilan kucing Anda. Oleh karena itu, Anda perlu menerapkan beberapa tips memelihara anak kucing agar bulu mereka tidak lagi rontok.

  1. Memandikan Anak Kucing dengan Benar

Anda harus menunggu hingga anak kucing berusia 8 minggu untuk bisa memandikan mereka. Anda dapat mengelap permukaanya dengan handuk yang basah atau lembab jika ingin membersihkan anak kucing yang usianya sangat muda. Anda memiliki kewajiban memandikan kucing meskipun mereka ahli dalam membersihkan diri.

Kucing yang memiliki kutu atau bulunya berminyak dan kotor harus Anda mandikan dengan benar. Mandikan anak kucing dengan air hangat sambil terus mengusap dan memijat bulu mereka agar mereka merasa tenang. Memandikan kucing dapat memberantas jamur ataupun kutu yang dapat mengganggu kesehatan kulit.

  1. Berikan Produk yang Sesuai dengan Kebutuhan Anak Kucing

Sebaiknya segera ganti produk sampo kucing yang biasa digunakan untuk mandi jika kurang cocok dengan kulit anak kucing Anda. Produk sampo yang tidak cocok akan semakin memperparah rontoknya bulu anak kucing. Rontoknya bulu yang berlebihan akan menyebabkan kebotakan pada beberapa bagian kulit kucing.

Begitu pula dengan makanan yang biasa Anda berikan. Hindari memberi makan anak kucing Anda secara sembarangan. Apalagi makanan yang tidak sesuai dengan umur anak kucing. Hal itu juga dapat menyebabkan tingkat kerontokan pada bulu anak kucing semakin tinggi. Ganti produk makanan kucing yang dengan lebih berkualitas.

Cara Paling Ampuh untuk Mengatasi Bulu Anak Kucing yang Sering Rontok

  1. Memberi Vitamin pada Anak Kucing

Anda bisa memberi vitamin untuk mencegah kerontokan pada bulu anak kucing. Pastikan Anda memilih vitamin yang memiliki kualitas paling bagus. Anda juga harus memperhatikan apakah vitamin tersebut sesuai dengan usia anak kucing Anda. Utamakan produk-produk vitain terkenalyang telah terbukti khasiatnya.

Pastikan Anda benar-benar membaca petunjuk penggunaan obat. Berikan vitamin pada anak kucing sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera pada kemasan. Jangan memberikan vitamin secara berlebihan. Direkomendasikan untuk memilih vitamin yang memiliki kandungan minyak ikan.

  1. Memberi Obat untuk Bulu Kucing

Sebaiknya Anda segera membeli obat khusus saat kucing Anda terlanjur mengalami penyakit kerontokan bulu. Obat untuk mengatasi bulu rontok banyak ditemukan di Pet Shop. Anda juga bisa mendatangi dokter hewan yang Anda percaya untuk melakukan konsultasi penggunaan obat terbaik bagi anak kucing Anda.

Pastikan Anda menggunakan obat yang sesuai dengan usia si kucing. Berikan obat sesuai dengan petunjuk penggunaan yang tertera di dalam kemasan ataupun sesuai dengan resep dari dokter. Obat yang Anda gunakan harus terbukti khasiatnya dan benar-benar memiliki kualitas yang tinggi agar kerontokan bulu segera terobati.

  1. Menyisir Bulu Kucing Secara Rutin

Menyisir bulu secara konsisten juga dapat mengatasi kerontokan bulu anak kucing. Anda harus menyisir bagian bulu anak kucing dengan lembut dan secara perlahan-lahan. Menyisir bulu kucing dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh kucing yang nantinya akan berdampaik baik bagi kesehatan kulit mereka.

Cara merawat anak kucing yang baik dapat membantu menjaga kesehatan kulit mereka. Kulit yang sehat akan mengurangi risiko terjadinya kerontokan bulu pada anak kucing. Anda perlu menerapkan beberapa tips di atas agar kerontokan tidak semakin parah dan dapat segera terobati. Sebaiknya Anda lebih mengutamakan tindakan pencegahan daripada mengobati.