4 Cara yang Dilakukan Wartawan dalam Menulis Berita Nasional

      Comments Off on 4 Cara yang Dilakukan Wartawan dalam Menulis Berita Nasional

Menulis Berita Nasional

Mungkin, selama ini Anda pernah bertanya-tanya bagaimana caranya seorang wartawan mampu membuat sebuah berita nasional ataupun berita lainnya secara baik. Mereka bisa menyampaikan maksud dari berita tersebut dengan tepat dan bisa diterima pembaca atau pendengar dengan baik pula.

Sebenarnya, ada beberapa cara yang dilakukan seorang wartawan dalam menulis sebuah berita. Mereka melakukan ini dengan tujuan untuk menghasilkan berita yang memenuhi unsur yang telah ditetapkan sehingga menjadi berita yang baik dan tersampaikan maksudnya. Lalu, sebenarnya, bagaimana cara seorang wartawan dalam menulis sebuah berita?

  1. Menempatkan Diri sebagai Seorang Pembaca

Salah satu cara yang bisa dilakukan seorang wartawan dalam menulis sebuah berita adalah dengan menempatkan diri sebagai seorang pembaca. Dengan cara ini, mereka bisa mengetahui apa yang bisa membuat sebuah berita itu penting dan menarik. Mereka juga bisa membuatnya berdasarkan keingintahuan dari si pembaca.

Seandainya Anda menulis sebuah berita yang jelek dan tak nyaman dibaca, saat Anda menempatkan diri sebagai seorang pembaca, apa yang akan Anda rasakan? Jelas tidak senang, kan? Untuk itulah cara ini perlu Anda terapkan dalam menulis sebuah berita agar berita terkini populer yang Anda tulis memuaskan.

  1. Metode Garis Waktu

Cara lain yang biasanya seorang wartawan terapkan dalam menulis berita adalah dengan menerapkan metode garis waktu. Maksudnya adalah, Anda harus menelusuri urutan kejadian yang akan Anda buat beritanya. Urutan tersebut mulai dari saat ini, kemudian melihat masa depan. Apa yang terjadi pada hari ini dan apa pengaruhnya di masa mendatang.

Lalu, ceritakan juga bagaimana peristiwa yang Anda tulis bisa berkembang. Berikanlah pertanyaan-pertanyaan logis yang membuat berita tersebut bernyawa. Tentu saja Anda harus bisa menjawab semua pertanyaan tersebut dengan kronologi berita yang ada. Jadi, tentu tidak asal menulis.

  1. Membayangkan Diri Sebagai Seorang Detektif

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan dalam membuat sebuah berita baik itu berita nasional maupun jenis berita yang lain adalah dengan membayangkan diri sendiri sebagai seorang detektif. Misalnya Anda menghadapi sebuah misteri mengenai kasus pembunuhan. Untuk mendapatkan informasi yang benar, Anda harus bisa bersikap layaknya detektif.

Buatlah pertanyaan yang berhubungan dengan peristiwa tersebut dam ajukan pertanyaan tersebut untuk memecahkan masalah atau kejahatan itu. Biasanya, pertanyaan yang berpusat pada hal ini biasanya mengenai apa yang terjadi, motif yang mengakibatkan peristiwa tersebut berlaku, akibat, dan petunjuk untuk mengungkapkan kebenaran.

  1. Buatlah Daftar Pertanyaan Mengenai Peristiwa yang Diberitakan

Cara lainnya yang biasa dilakukan seorang wartawan dalam menulis sebuah berita adalah dengan membuat daftar pertanyaan yang berhubungan dengan peristiwa yang akan diberitakan. Di sinilah pentingnya ada unsur 5W + 1 H dalam sebuah berita. Semua pertanyaan yang ada harus terjawab dengan unsur ini.

Dengan begitu, berita yang dihasilkan akan menjadi berita yang menarik. Catatlah berbagai hal penting mengenai peristiwa tersebut. Misalnya saja siapa yang terlibat dalam peristiwa itu, di mana peristiwanya, bagaimana kronologisnya, bagaimana cara pemecahannya, atau kapan peristiwa tersebut terjadi dan masih banyak lagi.

Itulah beberapa cara yang biasanya diterapkan seorang wartawan dalam menulis sebuah berita. Baik itu untuk berita nasional maupun berita regional dan internasional. Dengan menggunakan cara ini, seorang wartawan bisa menghasilkan berita yang baik dan menyampaikan fakta yang ada secara benar. Tak ada unsur bohong ataupun rekayasa di sana.